PROGRAM DIPLOMA III (D-3)

PROGRAM STUDI

MANAJEMEN USAHA PERJALANAN WISATA (UPW)

A. MANFAAT PROGRAM

  1. Memberikan bekal keahlian di bidang ilmu manajemen Usaha Perjalanan Wisata (UPW) kepada para peserta melalui pendalaman dan pemanduan fungsi-fungsi manajemen.
  2. Meningkatkan kemampuan peserta program untuk mengimplementasikan teori dan praktek yang diperoleh didalam menjalankan tugas sehari-hari pada saat bekerja dan ikut serta terlibat dalam menyusun strategi perusahaan berdasarkan teknik dan metode yang lebih sistematis.
  3. Membiasakan para peserta dalam melaksanakan pekerjaan yang selalu mencerminkan KUALIFIKASI PROFESIONAL yang TERDIDIK, TERLATIH, dan TERAMPIL.
  4. Meningkatkan jenjang pendidikan calon  staf karyawan hotel untuk mendukung karier yang pada akhirnya akan meningkatkan penghasilannya.

B. CIRI KHAS PROGRAM

Proses belajar mengajar Apartel Ganesha –  Joint Program PPPPTK/VEDC Malang program Diploma Kepariwisataan dan Perhotelan  ini diberikan dalam bentuk :

  1. Kuliah klasikal, ceramah, diskusi, simulasi, praktek laboratorium, praktek lapangan, seminar dan lokakarya.
  2. Widya wisata ke industry Perjalanan Wisata yang bertaraf internasional dan penulisan karya ilmiah.
  3. Live case studies.
  4. On The Job Training (OJT)

 

 C. STRUKTUR KURIKULUM

Program StudiKosentrasi/Keahlian : Manajemen Usaha Perjalanan Wisata: Manajemen Usaha Perjalanan
Fungsional
Ketua Program Studi
Sekretaris
: Ir Handri Kartiono, MM : Ade Irmma Suryani Amd,Par
 

Jenjang Pendidikan

DiplomaWaktu StudiBeban Studi

Sebutan yang diberikan

: 3 (Tiga): 6 (Enam) Semester – (3 – 5 Tahun): 114-120 SKS

: Ahli Madya Kepariwisataan, A.Mad.Par.

 

Tujuan Program Studi ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu mengelola kegiatan operasional bidang usaha perjalanan wisata.
Kompetensi
  • Melakukan pelayanan dan penanganan penumpang di Bandara Udara
  • Merencanakan produk dan perhitungan tarif perjalanan wisata
  • Menyusun strategi promosi dan pemasaran usaha perjalanan
  • Membantu perjalanan wisata dan memimpin perjalanan antara destinasi
  • Melaksanakan penyetesaian dokumen perjalanan
  • Menyusun perhitungan tarif dokumen pasasi domestik/ internasional
Sasaran Para lulusannya disiapkan untuk dapat menduduki jabatan sebagai pimpinan menengah di bidang usaha jasa perjalanan Wisata, jasa angkutan, MICE dan kargo, dengan posisi seperti Manajer atau Tour Operator.

KURIKULUM

MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN AgamaBahasa IndonesiaKewarganegaraan

Olah Raga

Pancasila

MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETERAMPILAN Bahasa InggrisBahasa Inggris Profesi 1Bahasa Inggris Profesi 2

Bahasa Inggris Profesi 3

Bahasa Perancis/Jepang 1

Bahasa Perancis/Jepang 2

Bahasa Perancis/Jepang 3

Dasar-dasar Akuntansi

Dasar-Dasar Manajemen

Hubungan Industrial Pancasila

Kebudayaan Indonesia

Metodologi Penelitian

Pengantar Ekonomi

Pengantar Komputer

Pengantar Kepariwisataan

Pengantar Pemasaran

Pengantar Usaha Perhotelan

Pengantar Usaha Perjalanan Wisata

Pengantar Usaha Transportasi Kepariwisataan

Psikologi Pelayanan

Statistika

Studi Lingkungan Hidup

MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA Akuntansi Usaha Perjalanan WisataAplikasi KomputerManajemen Keuangan

Manajemen Konvensi

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Usaha Perjalanan Wisata

Pemasaran Usaha Perjalanan Wisata 1

Pemasaran Usaha Perjalanan Wisata 2

MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA Dokumen dan Fasilitasi PerjalananDokumen Pasasi 1Dokumen Pasasi 2

Geografi Pariwisara

Kewirausahaan

Operasional Perjalanan Wisata 1

Operasional Perjalanan Wisata 2

Pemanduan dan Pengaturan Wisata 1

Pemanduan dan Pengaturan Wisata 2

Pemesanan Ticket Pesawat Udara

Penanganan Penumpang dan Kargo

MATA KULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT Praktik Kerja Nyata/OJTSeminar Manajemen Usaha Perj. WisataTugas Akhir